Masakan Sunda

Masakan Sunda

Masakan Sunda

Indonesia adalah negara yang majemuk, yang terdiri dari beribu-ribu pulau, budaya, bahasa, dan adat istiadat. Kemajemukan Indonesia inilah yang melahirkan keanekaragaman budaya bahkan sampai masakan. Masakan Indonesia pada setiap daerah berbeda-beda ciri khasnya. Beberapa daerah terkenal dengan atribut “pedas” pada setiap masakannya dan sensasi rasa kental santan kelapa. Biasanya masakan tersebut berasal dari Minangkabau. Namun ada pula masakan yang lebih cenderung mengedepankan rasa manis, itulah masakan khas Jawa. Berbeda dengan dua masakan sebelumnya masakan Sunda memiliki ciri khas tersendiri yang biasanya sangat terkenal dengan sayuran segarnya atau yang disebut dengan “lalap-lalapan”.

Masakan Sunda merupakan masakan yang lahir dari kebudayaan masyarakat Sunda di Jawa Barat. Masakan Sunda tergolong berbeda dengan masakan Indonesia lainnya. Masakan ini biasanya menggunakan cara pengolahan yang simpel atau mudah. Ciri masakan Sunda yang paling khas adalah kesegaran pada setiap masakannya karena biasanya disajikan dengan sayuran segar seperti lalapan. Jika masakan barat terkenal dengan sayuran segarnya salad, maka Indonesia terkenal dengan lalapan. Sayuran yang biasanya dijadikan lalapan adalah daun kemangi, timun, kol, daun mangga muda, daun jambu mede, dan labu. Biasanya selain lalapan, teman santapan lainnya adalah sambal. Sambal pada masakan Sunda ini sendiri juga banyak jumlahnya. Beberapa termasuk sambal jenis dadakan, maksudnya sambal yang dibuat dengan cara mendadak dan sangat praktis seperti sambal cibiuk, sambal bajak, sambal hejo dan sambal tarasi.

Masakan Sunda beberapa menggunakan bahan dasar yang yang biasanya dianggap tidak bermanfaat oleh sebagian orang seperti sayur kadedemes atau sayur kulit singkong yang sering kali dianggap sebagai bahan yang beracun. Cara memasak sayur ini tergolong mudah, sebelumnya kulit singkong direbus untuk menghilangkan getahnya. Kemudian bersama dengan bumbu-bumbu dan cabai hijau ditumis. Masakan lain adalah tumis genjer yang disinyalir berasal dari tanaman gulma yang terdapat di sela tanaman padi. Ada pula ikan-ikan kecil yang hidup di sekitar sungai yang digoreng garing dan biasa disebut goreng impun garing.

Masakan Sunda khas lainnya adalah berupa cemilan yang dominan manis seperti kelepon, putri noong, cocorot, gurandil, dan awug. Biasanya masakan ini disajikan sebagai makanan penutup, teman minum teh atau camilan sehari-hari. Bagi Anda yang asing dengan putri noong, camilan tersebut terbuat dari singkong yang diparut kemudian dipipihkan dan diisi dengan pisang lalu dikukus. Santapan ini disajikan dengan parutan kelapa. Kemudian yang disebut gurandil adalah adonan tepung beras dicampur ketan hitam dan aci dan biasanya disajikan bersama kelapa parut, gula aren atau gula putih. Untuk minuman khas Sunda yang terkenal adalah Es Goyobod, Es Cingcau dan Es Cendol.

Kini, masakan sunda dapat Anda temukan hampir di seluruh Indonesia baik di warung tenda di pinggir jalan maupun di restoran-restoran terkenal. Beberapa hotel berbintang pun juga meyediakan masakan sunda sebagai pilihan santapan Anda. Bahkan masakan sunda sengaja diperkenalkan untuk wisatawan sebagai salah satu masakan terbaik dari masakan Indonesia. Namun, tentu saja jika di restoran dan hotel berbintang harga yang ditawarkan sedikit jauh berbeda dengan yang berada di warung tenda pinggir jalan.

Beberapa masakan sunda yang terkenal adalah uluketeuk oncom. Namanya yang unik membuat beberapa orang tertarik untuk mencicipi masakan ini. Masakan ini berbahan dasar oncom dan leunca. Cara pembuatannya mudah yakni oncom ditumis dengan bumbu-bumbu dan cabai hijau beserta dengan leunca. Masakan ini disajikan dengan nasi putih dan lauk-lauk lainnya seperti tahu tempe goreng, ayam goreng dsb. Jenis masakan sunda yang menjadi incaran lainnya adalah jenis pepes terlebih pepes ikan. Masakan ini menggunakan cara pengolahan dikukus. Bahan dasar pepes dapat bervariasi, seperti ikan, ayam, sampai tahu. Pepes dimasak dengan bumbu yang dan rempah-rempah yang beragam sehingga aromanya harum dan rasanya nikmat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: