Merencanakan Menu Masakan Untuk Satu Minggu

Masakan Padang

Masakan Padang

Makanan merupakan kebutuhan vital bagi tubuh. Makanan memiliki kandungan zat gizi utama yang sangat berguna bagi tubuh, seperti karbohidrat yang berfungsi sebagai penghasil energi, protein sebagai zat pembangun (memperbaiki sel-sel dan jaringan tubuh yang rusak), vitamin mineral sebagai zat pengatur (mengatur metabolisme dan kerja enzim dalam tubuh). Dari berbagai sumber bahan makanan ini dapat diolah menjadi suatu jenis masakan yang biasa dikenal dengan istilah menu. Pengertian dari kata “menu” itu sendiri adalah suatu hidangan makanan yang lengkap, terdiri dari makanan pokok, lauk nabati, lauk hewani , sayur, serta buah yang disajikan dalam sekali makan.

Dalam suatu keluarga, sudah seharusnya seorang ibu memiliki menu harian untuk memasak makanan sebagai hidangan keluarga setiap hari. Makanan keluarga memang makanan yang terbaik, karena kita tahu benar bagaimana proses pembuatan masakan tersebut. Yang pasti masakan keluarga dibuat dengan kebersihan yang terjaga, dengan bumbu yang alami dan secukupnya, serta dimasak dengan menggunakan rasa cinta, sehingga hasilnya pun lebih nikmat dan lezat. Tapi di era modern ini, sudah semakin jarang ditemukan inu yang mau memasak makanan di dapur untuk keluarganya. Tugas seorang istri/ ibu dalam hal masak memasak sudah diambil alih oleh seorang pembantu. Tetapi tetap saja, sebagai seorang wanita harus mampu memiliki kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang wanita, yaitu memasak.

Langkah-langkah yang dapat ditempuh dalam memberikan masakan terbaik untuk keluarga adalah dengan menyusun menu. Menu ini dapat disusun minimal memiliki siklus selama satu minggu, agar penikmat makanan ini tidak mudah bosan terhadap hidangan yang disajikan. Cara termudah dalam membuat siklus menu satu minggu adalah sebagai berikut :

  1. Kumpulkan semua resep makanan yang Anda punya dan Anda mahir dalam memasaknya.
  2. Mulailah dengan membuat sebuah kolom yang terbagi menjadi tujuh bagian. Setiap bagian mewakili satu hari, sehingga di setiap bagian tersebut dapat dituliskan menu masakan yang akan dimasak pada hari tersebut.
  3. Sebelum menuliskan menu yang akan dimasak pada hari tersebut, tuliskan dulu bahan makanan utama yang akan dipergunakan untuk memasak menu. Hal ini diperlukan karena agar tidak terjadi tumpang tindih menu dalam sehari, atau untuk menghindari jenis makanan yang sama yang dihidangkan berturut-turut. Usahakan setiap harinya memiliki jenis bahan makanan uama yang berbeda, agar terpenuhi syarat gizi seimbang mengenai jenis bahan makanan yang bervariasi.
  4. Setelah menuliskan bahan makanan yang berbeda-beda, tuliskan pula jenis pemasakan yang berbeda-beda agar dihasilkan masakan yang bervariasi dari segi proses pengolahan masaknya.
  5. Setelah ditentukan bahan makanan dan cara pengolahannya, barulah bisa dituliskan mengenai menu yang akan dimasak pada hari tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: